by Roger FordOne of my favorite literature ever, by Roger Ford. MBI Publishing.

Whats makes a nation the nation? Itu yang ada di benak saya ketika mulai membuka halaman pertama buku ini. Dari judulnya kita tahu bahwa yang menjadi fokus dalam buku ini adalah Germany sebagai kekuatan militer di masanya.

Apa yang menjadi kategori ‘secret’ dalam buku ini? Semua senjata yang di kembangkan secara sembunyi2 dikarenakan berbagai hal. Dalam konteks ini adalah terikatnya Jerman dalam sebuah treaty yang melarang riset senjata sebagai pihak yang kalah dalam perang dunia pertama.

Buku ini, terbagi menjadi beberapa bagian. Mengulas tentang; pesawat jet, pesawat berpropulsi roket, pesawat hybrid beserta glider, rotary wing aircraft, misil darat ke darat, misil udara ke udara, misil darat ke udara, artileri, tank dan senjata anti tank, kapal selam dan persenjataannya hingga kemampuan nuklir, biologi dan kimia yang dimiliki oleh Jerman.

Tiap bab pembahasan disajikan secara detail, berikut sejarah latar belakang pengembangan senjata2 tersebut secara rinci. Detail pembahasan inilah yang membuatnya indah sebagai literatur. Dan pada akhirnya, kita dapat mengapresiasi apa yang dapat manusia lakukan untuk melompat melebihi jamannya.

V4 rocket