(Mohon di ingat ini adalah representasi dari apa yang ada dalam benak saya, sesuai pengalaman saya yang masih NEWBIE mulai bermain diawal tahun 2010 hingga saat ini dan BUKAN merupakan definisi baku dalam dunia ini apalagi dunia airsoft sendiri)

Apa itu Airsoft?

Well, airsoft adalah olahraga (yang sebagian orang bilang ekstrim) yang menggunakan replika/tiruan senjata asli.

Bagaimana bentuknya, bagaimana cara kerjanya?

Unit airsoft gun dibentuk menyerupai senjata asli (seperti AK 47, M16 dll), sebagian menggunakan bahan plastik abs, sebagian menggunakan bahan logam/metal atau campuran dari keduanya. Unit Airsoft gun menggunakan bb (peluru) plastik bulat sempurna sebagai amunisinya, diameter/ kalibernya bervariasi, ada yang 4 mm, 6mm dan 8 mm. Sesuai namanya (airsoft=udara lembut-hehehehe) bb tersebut dilontarkan oleh unit dengan udara. Satuan daya lontar dari unit airsoft gun adalah FPS (=Feet Per Second) dan kecepatan tembak dari satu bb ke bb  yang lain disebut ROF (=Rate of Fire) – satuan2 ini akan didefinisikan lebih lanjut. Sistem penggerak Airsoft gun dibagi menjadi 3 sistem:

1. Spring = cara kerja unit ini dikokang secara manual (biasanya 1 bb untuk 1x kokang).

2. Automatic Electric Gun / AEG = unit ini menggunakan tenaga listrik/baterai untuk menggerakan sistem mekaniknya. Varian dari sistem ini: AEP =Automatic Electric Pistol, EBB=Electronic BlowBack, dll

3. Gas Blow Back / GBB =unit ini menggunakan gas sebagai tenaga penggerak sistemnya (bukan gas LPG!).

Apa saja modelnya?

Unit airsoft adalah replika dari berbagai macam senjata yang ada di dunia ini, mulai dari Rifle, Sub Machine Gun, Pistols, Granade Launcher, Light Machine Gun, Heavy Machine Gun, dll. Merknya bervariasi, mulai dari buatan Cina seperti Jinggong, AnK, Cyma, Well, Galaxy, DBoys, dll. Buatan Taiwan seperti: GnP, SRC, dll. Buatan Jepang seperti Tokyo Marui. Hingga brand USA seperti echo.

Berikut adalah beberapa unit airsoft dari web uncompany.com

Berbahayakah?

Unit airsoft sesuai standar pabrikan tidak didesain untuk melukai, airsoft gun sendiri dibanyak negara eropa, asia hingga USA, diklasifikasikan sebagai MAINAN (dengan batasan umur, biasanya 17+) artinya, airsoft gun adalah mainan yang diperuntukan untuk orang dewasa. Sesuai kaidahnya sebagai mainan, unit airsoft bukan diperuntukan sebagai senjata, unit airsoft walaupun terbuat dari metal, akan hancur berkeping2 atau rusak berantakan jika terbanting ke lantai. Pertanyaan apakah orang dewasa di negara ini masih butuh mainan? maka jawabannya YA! – hahahaha, life is not about work, work, and work u know. Even adults must have a hobby if he/she don’t want to go to the psychiatric ward! note: berbahaya, jika: tidak mengikuti kaidah/ketentuan/norma yang berlaku didunia airsoft. (more of that later)

Bagaimana Tentang Airsoft di Indonesia?

Pada saat ini, dunia airsoft di Indonesia sudah menemukan titik terang, walau masih banyak tentang airsoft masih berada dalam dunia abu2. Salah satu permainan airsoft telah masuk kedalam cabang olahraga tembak reaksi di dalam perbakin, yaitu AA-IPSC. apa itu? cabang olahraga tembak reaksi yang menggunakan unit GBB (pistol-biasanya) dalam lingkungan yang terkendali dan sasaran tembak berupa target diam. Sedangkan beberapa kegiatan dalam lingkup dunia airsoft, masih berada dalam dunia abu2.

Norma-norma apa saja untuk airsoft yang berlaku di Indonesia?

Sesuai kaidah hukum yang abu2, beberapa ini adalah norma-norma kesopanan yang berlaku umum di Indonesia;

Beberapa club airsoft mempunyai batasan mengenai FPS, code of conduct, freeze rule, area hit dan lain sebagainya, namun beberapa yang ‘aturan’ yang sama, diantaranya adalah:

Don’t show your airsoft gun in front of ordinary peoples (orang yang bukan dari kalangan airsoft), much less waving it around! Never shoot at any living animals! Treat your toys as you treated the real thing! Safety comes first! and ultimately: KEEP IT LOW PROFILE ! There are consequences if you don’t follow this ‘norma’ in Indonesia, especially from the police or any law enforcer, don’t care how much ‘high connection’ you have!

Jika begitu, Airsoft adalah olahraga ekstrim yang Eksklusif?

Dengan kondisi sekarang? YA! Apalagi airsoft adalah olahraga untuk orang2 yang JUJUR (yang tidak JUJUR, silahkan balik kanan dan cari hobi yang lain), karena tidak seperti paintball, dalam airsoft, jika anda tertembak, anda harus jujur berteriak HIT! dan keluar untuk sementara dari permainan (walaupun beberapa club – bukan club yang saya ikuti – memperbolehkan FPS tinggi hingga dapat mengakibatkan luka). Unit airsoft yang didatangkan dari luar negeri ke Indonesia di negara asalnya berharga mulai dari $50 hingga >$2000, namun harga ini melambung hingga 2,5 kali lipatnya hingga ke end user. Unit airsoft buatan Cina (tiruan dari tiruan dari tiruannya replika senjata asli atau real steel yang biasanya kalangan airsoft sebut) yang berharga 120 dollar, akan berharga 3,5 juta rupiah lebih begitu sampai di tangan user. Unit2 buatan Jepang, Taiwan atau USA, akan melebihi harga satu set stik golf.  Belum lagi jalan dan rentang proses jika anda berniat mendaftarkan diri anda di Perbakin.

Bagaimana caranya untuk airsoft gun?

Anda dapat mulai dengan bergabung dengan club airsoft di kota anda, bahkan sebelum bergabungpun, beberapa club akan dengan senang hati mengajak anda bermain dan memperkenalkan lebih jauh tentang dunia airsoft. Peralatan standar untuk anda memulai olahraga ini cukup unit airsoft dan google serta baju yang cukup tebal. Yang tetap harus diingat adalah: KEEP FUN AND MOST IMPORTANT, KEEP SAFE!!

Beberapa teaser:

Beberapa istilah dalam dunia airsoft:

1. FPS dan ROF: telah dibahas sebelumnya. biasanya FPS < 450 boleh burst, diatas 450 single shoot only. ROF boleh sebesar mungkin, asal kuat unitnya. (Yang buatan Jepang asli aja pasti rontok jika seperti mesin obras-hahahaa)

2. Freeze: istilah untuk mematikan lawan, tanpa menembak. Aturan seperti FPS, sesuai aturan club.

3. Burst: tembakan serentak otomatis.

4. Area Hit: Area yang menjadi patokan Hit.

5. Hit: terkena tembakan.

6. Ricochet: Pantulan BB.

7. BB: Ball Bearing, amunisi airsoft.

8. Safety Zone: Area aman, tempat melepas lelah, atau tempat tujuan jika ter HIT.

9. Narsis Session: Waktunya berfoto2 narsis, terutama dengan dandanan menor/dandan habis2an seperti Navy SEAL, Taliban, Vietcong dan lain2 (Cosplay juga merupakan cabang airsoft kelihatannya-wakakakakak)

10. Skirmish: Airsoft Battle

11. ACM=All China Made, ATM=All Taiwan Made, AJM=All Japan Made

12. Gearbox: Bagian dalam AEG, housing mekanik part / mesin AEG.

13. Aksesoris: part untuk mempercantik airsoftgun (kadang ada gunanya kadang nggak, yang penting cantik – wakakakak)

14. Scenario: Jalan cerita dalam permainan, bisa Death Match, Cover VIP, Seek and Destroy, Bomb Dissasamble, dll.

Sekian ulasan saya yang masih nubie ini. Thank u…