Tulisan ini merupakan repost dari ActualAirsoft.com (gtp@actualairsoft.com). Saya hanya ingin me-repost dengan tujuan agar nubie seperti saya lebih mengenal mainannya.

WARNING TO ALL !!!! : mempraktekannya sendiri jika dan hanya jika anda mengerti apa yang anda lakukan dan mengerti apa resikonya !! Saya tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi dan saya tidak dapat menjawab pertanyaan anda !!

(saya sendiri juga belum pernah bongkar sendiri tanpa supervisi dari para tuner yang berpengalaman-hehehe)

Ok. Lets GO!

Membuka Popor Retractable

Angkat tuas pengunci untuk memaju mundurkan popor yang terletak dibawah. Angkat, sehingga anda dapat menggeser bagian belakang popor hingga lepas dari tube popornya. (anda mungkin membutuhkan tang untuk menarik pin tuas penguncinya)

Setelah bagian belakang popor terlepas, berikutnya adalah melepas bagian depan stock tube dari bodi aeg. Buka mur kecil yang ada didalam tube tersebut (allen screw). Setelah mur tersebut terlepas, anda dapat mengeluarkan plat terakhir dari dalam tube.

Anda membutuhkan obeng phillip yang panjang untuk membuka dan menarik mur panjang yang ada didalam tube. mur ini sebenarnya menahan spring guide didalam gearboks dan popor ke bodi aeg.

Mur yang menghubungkan tube dan popor

Urutan parts didalam tube

Langkah selanjutnya adalah membuka dinamo dari handgrip. Pada bagian bawah pegangan tangan ada dua sekrup yang perlu dibuka. Jangan melepas sekrup allen kepala kecil di tengah, kita hanya membuka bagian ini jika akan memasang dinamo baru yang perlu diposisikan dengan benar.

Buka dua sekrup terluar

Setelah sekrup telah dibuka, lepaskan plat (hati-hati untuk tidak lepas shim logam kecil di ujung pelat, shim ini sangat penting untuk digunakan untuk mengatur posisi dinamo didalam handgrip .

Buka platnya

Lepaskan kabel yang menempel pada kutub dinamo. Hati-hati untuk tidak merusak colokan kutub di dinamo.

angkat dinamo dari tempatnya

cukup di tarik keluar

Ketika dinamo telah dilepas, lihat ke dalam handgrip dan lepaskan kedua sekrup yang tersambung pada bagian bawah gearbox.

Lepaskan handgrip. Pastikan untuk menarik kabel keluar dari handgrip dengan hati-hati.

Lepas tombol pelepas magazen dengan menggunakan obeng phillips kepala kecil. Juga lepas per yang berada di bawah tombol.

Sekarang flip bodi ke sisi lain dan lepas sisi lain dari tombol pelepas magazen (kiri panah). Lepas juga pin penahan gearbox (panah kanan); CATATAN: pin hanya dapat didorong melalui dari satu arah. biasanya harus keluar dari sisi yang sama dengan fire selector di AIM M4, dapat berbeda pada model Anda, pastikan sebelum Anda memaksa pin keluar ke arah yang salah.

Langkah ketiga adalah untuk menarik pin utama. Pin utama terletak tepat di belakang pelatuk. Setelah dilepas, lower receiver dan upper receiver dapat  dibuka. Sekarang Anda memiliki akses ke gearbox.

Anda sekarang dapat melepas gearbox dari bodi. Saat melakukannya, pastikan bahwa kabel2 tidak tersangkut seperti kabel yang menuju handgrip. Tarik secara tegak gearbox keluar dari lower receiver.

Kebanyakan gearbox digabung oleh sekrup seperti yang digambarkan di bawah ini. Merk lain mungkin memiliki beberapa jenis sambungan slide di atasnya  yang harus juga dibuka.

Ketika anda membuka gearbox, penting untuk ingat bahwa spring sudah dalam keadaan terkompresi. Pakailah selalu  pelindung mata ketika untuk melindungi mata. Tekan jari pada silinder agar spring tidak mengalami dekompresi dan terbang ke suatu tempat, gunakan jari lain untuk menarik spring guide (melepasnya dari gearbox).

Setelah spring guide dilepas, kita dapat menarik keluar piston dan spring

Setelah piston dilepas dari cylinder, kita dapat melepas piston head dengan membuka sekrup nya.

Setelah piston head dilepas Anda akan melihat bagian logam kecil (digambarkan di bawah di sebelah kanan) yang di dalam piston yang sekarang dapat dilepas. bagian ini adalah dudukan bagi piston head.

Merakit kembali M4 Anda

Silahkan ulang kembali secara terbalik urutan cara2 diatas untuk menyatukan M4 anda. Pastikan saja bahwa semuanya sudah diatur tepat di gearbox sebelum Anda memasangnya kembali bersama-sama. Juga, ketika memasang dinamo baru atau lama, pastikan bahwa Anda menghubungkan kabel yang tepat pada kutub dinamo. (merah ke positif, hitam untuk negatif).

Mengatur Screw Set (Pinion setting)

Setelah baterai, dinamo dan semua parts AEG telah terpasang, anda harus mencoba menembak. Jika motor tidak meshing dengan roda gigi dalam gearbox Anda akan mendengar suara bernada tinggi (grinding). Ini berarti Anda perlu untuk mengencangkan sekrup set dibagian bawah handgrip (yang berada di tengah). Untuk mengencangkan putar searah jarum jam. Bila ROF Anda sangat lambat maka mungkin pengaturan sekrupnya terlalu ketat, kendorkan sedikit demi sedikit, namun jangan terlalu dikendorkan agar pinion dan gear tidak grinding.